Friday, October 19, 2012

Telematika, apa siapa dan dimana

Apakah telematika itu?
          Apa sih telematika ituuuuuu?? apa apa??
          Kata telematika berasal dari bahasa Prancis, yaitu “Telematique” yang merujuk pada bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Telematika dapat dikatakan adalah sarana komunikasi yang mencakup jarak jauh. Kemampuan yang mencakup jarak jauh tersebut dimungkinkan dengan adanya teknologi digital. Telematika merupakan teknologi komunikasi yang dapat menyampaikan informasi satu arah maupun timbal balik.

          Disebutkan juga bahwa telematika sering disebut dengan ICT (Information and Communications Technology). Dijelaskan bahwa ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.

          Telematika sangat erat kaitannya dengan komputer.


Siapa sajakah yang menggunakan telematika?
          Kita pasti tidak asing lagi dengan yang namanya Twitter, Facebook, Instagram, Google, dan yang sedang siakses sekarang ini (blogspot). Ya, contoh yang telah dijelaskan sebelumnya merupakan sesuatu yang menerapkan telematika, karena misalkan dengan Facebook kita dapat melakukan suatu pengiriman maupun penerimaan informasi, contohnya kita dapat men-share informasi dalam suatu grup kerja, atau men-share suatu data yang berupa gambar, serta dapat juga menerima informasi yang telah dishare teman dalam facebook.



Kenapa harus telematika?
          Banyak sekali alasannya, yang paling utama adalah karena kita hidup dalam era teknologi yang sangat maju dan akan terus maju, bagi pengusaha, peneliti, penyebar informasi, ataupun pelajar pasti sangat membutuhkan sarana komunikasi jarak jauh. Semua urusan menyebarkan dan mengumpulkan informasi menjadi lebih mudah, tak dibatasi jarak dan waktu (kaya iklan telepon ya).

          Penyampaian dan pengumpulan informasi yang sangat cepat tentu akan membuat waktu yang digunakan menjadi lebih efisien. bayangkan bila harus mengirimkan informasi / data dengan media pos (atau mungkin burung merpati), dibutuhkan waktu beberapa hari, atau mungkin paling cepat dalam hitungan jam, dengan syarat jarakdari pengirim dan penerima bisa dikatakan dekat & medan yang dilalui tidak menjadi kendala.


Dimanakah telematika itu digunakan?
          Seperti yang telah disebutkan dalam pengertian telematika, saat seseorang menggunakan komputer, saat itu juga orang tersebut dapat dikatakan menikmati "produk" dalam bidang telematika. apakah hanya sebatas komputer saja? tidak. Contohnya dalam sehari - hari bagi orang yang memiliki telepon selular atau bahkan smartphone pasti akan melakukan kegiatan mengirim sms, mengirim pesan BBM (bagi yang memiliki blackberry), dan melakukan penggilan ke pengguna telepon selular lainnya.

          Konsultan IT, Multimedia Developer, maupun dalam suatu jaringan komputer pun merupakan "produk" telematika.


Kapan telematika dibutuhkan?
          Kapan?? anda bertanya kapan??
          Baiklah, akan saya beri contoh, pernahkah anda sedang dalam kebingungan / kecemasan dalam menerima informasi tentang jadwal kuliah ataupun nilai kuliah melalui jalur On-Line? mungkin pernah kan, atau pasti pernah, terus apa hubungannyaaaa?!! Maka dari itu, bisa dikatakan telematika dibutuhkan setiap saat, (mungkin ngga setiap saat juga, misalnya lagi mandi, lagi bobo, atau lagi sikap lilin, hehehe). Terlebih lagi bagi para businesman dan pemerhati saham, informasi terputus / tidak dapat diakses dalam beberapa jam saja, mungkin dapat membuat sebagian besar dari mereka gusar dan cemas.


referensi :
http://bluewarrior.wordpress.com/2009/10/08/apa-itu-telematika/
http://dotsemarang.blogdetik.com/index.php/2012/08/01/apa-itu-telematika/
http://asep10106240.wordpress.com/2009/10/08/apakah-telematika-itu/

No comments:

Post a Comment