Tuesday, October 23, 2012

Sedikit Eksplorasi OpenERP 6.1

          Bagi yang belum mengetahuinya, OpenERP merupakan sebuah sistem manajemen yang bisa dibilang sangat terkenal di dunia. Menurut saya pribadi, dikarenakan OpenERP yang open source maka banyak pengguna memilih OpenERP sebagai sistem manajemen untuk mereka gunakan. Selain itu, dikarenakan OpenERP yang bersifat open source, banyak developer telah berpartisipasi dalam proyek pengembangannya.

Berikut adalah tampilan OpenERP saat dijalankan.
Tampilan awal Open ERP saat dijalankan


Open ERP 6.1 diakses melalui Web Browser melalui localhost dan port yang telah ditentukan saat instalasi OpenERP.

Modul yang terdapat dalam OpenERP terbilang sangat lengkap, diantaranya adalah sebagai berikut.

          Predikat "terkenal" pada OpenERP ini menurut penulis sesuai dengan yang banyak dikatakan penggunanya, modul yang diberikan banyak, dapat menghemat biaya, waktu, dan adanya peningkatan kontrol dengan analisis.

          Pengguna dapat memilih secara manual modul - modul mana saja yang diinginkan untuk diinstall, atau dapat saja hanya memilih satu modul, misalkan hanya modul Point of Sales saja. Kekurangan yang penulis rasakan dalam penggunaan OpenERP adalah sulit untuk memahaminya ketika pertama kali menggunakan, ditambah lagi jika belum pernah menggunakan sistem manajemen sejenis. Perlu adanya suatu panduan atau bahkan tutorial untuk menjalankan dan menggunakannya.

Akhir pembahasan singkat ini.
           Mungkin untuk orang yang belum familiar dengan bidang ini atau sistem manajemen seperti OpenERP, akan menemui banyak kesulitan dan kebingungan untuk menggunakannya.

1 comment: