Saturday, April 2, 2011

Resume 4

Kesimpulan presentasi kelompok 4 dengan bahasan "Struktur Pasar".

 pasar, siapa sih yang ngga tahu pasar? beberapa orang yang tahu tentang pasar diantaranya adalah, anak kecil, anak kecil aja tahu pasar itu tempat yang jual mainan & makanan, ibu-ibu tahu pasar itu tampat yang jual sayur & bahan makanan lain, nah dari beberapa orang tersebut, dapat kita simpulkan arti dari pasar dalam ruang lingkup kecil adalah tempat berlangsungnya kegiatan jual - beli barang dagangan.

nah di sini akan dibahas mengenai struktur pasar, walaupun ngga sampai dalam banget sih, soalnya takut kelelep... (bercanda.. hehehe)
beberapa jenis pasar diantaranya adalah :
  • pasar monopoli
  • pasar oligopoli
  • pasar duopoli
  • pasar monopolistik
  • pasar monopsoni
saya akan membahas sedikit mengenai pasar monopoli,
perlu diketahui yang saya maksud disini adalah bukan monopoli yang biasa dimainin anak-anak ya. maksud dari pasar monopoli adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai "monopolis". Ciri utama pasar monopoli diantaranya adalah adanya seorang penjual yang menguasai pasar dengan jumlah pembeli yang sangat banyak. Ciri dari pasar monopoli lainnya adalah tidak ada / tidak terdapat barang pengganti yang memiliki persamaan dengan produk dari pelaku monopoli, serta adanya hambatan yang besar untuk dapat masuk ke dalam pasar.

di Indonesia sendiri terdapat beberapa contoh pasar monopoli, diantaranya adalah PLN dan PAM. siapa lagi yang mensuplai listrik dan air bersih ke rumah-rumah penduduk selain mereka, mungkin ada beberapa penduduk yang tidak menggunakan jasa dari PAM, melainkan mereka menggali sumur sendiri untuk kebutuhan air bersihnya.

IMO (In My Opinion) perlu diketahui tujuan utama dari pasar monopoli adalah bukan untuk "menyusahkan" orang lain / konsumen untuk mendapatkan suatu produk dengan cara menetapkan harga setinggi-tingginya karena merasa produknya (si produsen) diperlukan orang banyak dan tidak ada produsen lain yang memproduksi jasa / barang seperti miliknya. seharusnya pasar monopolistik ada untuk membantu konsumen mendapatkan produknya, sehingga konsumen merasa terbantu, dan produsen juga tidak mengalami kerugian. tidak sulit kan untuk saling menguntungkan satu sama lain, tidak perlu ada pihak yang dirugikan... :)

No comments:

Post a Comment