Saturday, April 2, 2011

Resume 5

Kesimpulan presentasi kelompok 5 dengan bahasan "Analisis Pendapatan Nasional".


Analisis pendapatan nasional ? mungkin sebagian dari kita ada yang berpikir "analisis pendapatan sendiri aja udah repot ya, apalagi pendapatan nasional". walaupun repot, tapi manfaatnya sangat besar (kalau dilakukan dengan baik pastinya), baik dalam sektor pertanian, ekspor-impor, produksi dalam negeri, dan lainnya. kalau kita bisa tahu data yang akurat mengenai produksi nasional, dapat dialokasikan dana yang tepat untuk mensupport dan membangun sektor yang sesuai sehingga tepat guna.

ada beberapa hal penting mengenai pendapatan nasional, salah satu diantaranya adalah inflasi.
 apa sih inflasi itu ? inflasi adalah kenaikan harga, namun tidak bisa diimbangi oleh daya beli konsumen / penduduk. Inflasi pasti menjadi suatu masalah serius bila tidak ditangani baik dan tepat. inflasi dapat disebabkan karena harga barang -barang naik, namun penghasilan masyarakat tidak ikut naik (tetap) ataupun malah mengalami penurunan.

Ada beberapa Beberapa Faktor yang mempengaruhi kemajuan nasional, diantaranya adalah :
  1. Kondisi Sosial
    • Lingkungan hidup (lingkungan dimana kita tumbuh besar, dan juga merupakan masa kecil kita. lingkungan ini sangat berpengaruh terutama pada perkembangan mental dan cara berpikir suatu individu, bila lingkungannya kurang baik, maka ada kemungkinan besar bahwa individu yang hidup dan tumbuh besar di dalamnya juga menjadi kurng baik).
    • Cara orang tua membesarkan (pendidikan dan pengertian dari orang tua berperan besar dalam menentukan tumbuh dan berkembangnya seorang anak. jika didikan dari orang tua baik, maka anaknya pun akan ikut menjadi baik).
    • Ekonomi Sulit (tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan mendapatkan uang demi memenuhi kebutuhan ekonominya. namun bagaimanapun sulitnya, individu tersebut harus tetap berusaha dengan cara yang baik, jangan sampai menghalalkan segala cara)
  2. Politik
Politik berpengaruh besar dalam kemajuan nasional, karena dalam kegiatan berpolitik banyak terlibat para pemikir dan cendikiawan yang berperan dalam pembangunan nasional. namun politik yang "kotor" akan berakibat merugikan pada berbagai pihak dan sektor negara.

No comments:

Post a Comment