Saturday, July 6, 2013

Ayo Gunakan Software Open Source

     mula-mula mari kita bahas terlebih dahulu tentang software open source, apa sih software open source itu? apakah beda antara software open source dengan yang biasa kita pakai atau yang biasa dijual itu? menurut penulis, software open source itu memiliki sifat yang "terbuka", maksud terbuka disini adalah kode programnya, sehingga siapa pun bisa mengetahui logika yang digunakan dalam program, dan lagi, software open source itu gratiiiisss. pasti suka kan denger yang gratis2. hehe

     beda software open source dengan software yang biasa kita pakai atau yang dijual bebas adalah software yang biasa dijual bebas (semisal microsoft office, adobe photoshop, dsb.), kode programnya tidak "dibuka", oleh karena itu pengembangannya hanya dilakukan oleh tim, perusahaan, atau individu yang membuat software tersebut. kalau software yang biasa kita pakai (tergantung pemakainya ya) ada juga yang open source, semisal VLC media player, GIMP, Notepad++, dan sebagainya.

     keuntungan yang kita dapat dari menggunakan software open source adalah, yang pertama disukai banyak pengguna biasanya adalah karena gratis (hayo ngaku), dukungan pengembangannya akan selalu ada dan aktif selama ada penggunanya dan juga ada pengembang-pengembang yang menggunakan dan mengembangkan software tersebut, dan dapat didapatkan dengan relatif mudah. dukungan para pengembang maupun pembuat software open source itu sendiri sangatlah penting untuk kelangsungan software tersebut.

     kerugian yang kita dapat dari menggunakan software open source adalah, mendapatkan bantuan dari pengembang atau pembuat software mungkin tidak semudah atau senyaman software yang berbayar, terkadang software open source memiliki beberapa bug / kendala dalam pengoperasiannya, ataupun dalam pengoperasiannya mungkin tidak semudah software berbayar, karena kode program dapat diketahui secara publik, tidak menutup kemungkinan adanya oknum yang "merepack" software tersebut dengan tambahan memasukkan program atau script jahat kedalamnya, sehingga mengancam keamanan dan integritas dari komputer pengguna.

     dalam membuat atau menyusun aplikasi, disarankan untuk menggunakan software open source, terlebih lagi dalam tujuan pendidikan, karena relatif mudah didapat, dan semua orang dapat mengakses serta menggunakannya.


Referensi : wikipedia

No comments:

Post a Comment