Saturday, March 9, 2013

4 poin pertanyaan sebelum perkuliahan SI Geografis

1.       Apa yang anda pahami tentang Sistem Informasi (definisi dan cakupannya)?

          Menurut penulis, Sistem Informasi itu merupakan kumpulan elemen-elemen yang berinteraksi untuk memproses atau mentransformasikan data menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerimanya, menjadi suatu nilai yang bermanfaat. Sistem Informasi memiliki cakupan yang luas, terutama dalam menunjang efektifitas dan efesiensi suatu proses bisnis. sebagai contohnya adalah seperti Sistem Informasi Perbankan, Sistem Informasi Management, Sistem Informasi Akuntansi, Sistem Informasi Asuransi, Sistem Penunjang Keputusan, dan sebagainya.

2.        Pemrograman apa saja yang telah Anda pelajari dan sejauh mana Anda menguasainya? Misalnya: VB, Borlan Delphi, PHP, Java, C++, dsb. Pemrograman apa yang akan anda kuasai lebih mendalam?


          Pemrograman yang telah penulis pelajari diantaranya java, VB, C++, dan PHP, namun dari kesemuanya itu, penulis masih harus belajar lebih banyak dan menggali pengalaman lebih dalam. Dapat dibilang penulis hanya baru memahami dasar-dasar dari pemrograman yang telah disebutkan.
Penulis ingin lebih mendalami dan menguasai java dan PHP, namun jika diharuskan untuk memilih salah satu, penulis masih bimbang antara java dan PHP.

3.       Sistem informasi apa saja yang pernah Anda buat (baik aplikasi berbasis Web, dekstop, mobile, dsb)

          Aplikasi yang pernah penulis buat dalam bidang Sistem Informasi adalah aplikasi penghitung IP berdasarkan alamat IP serta banyak host yang dibutuhkan, sehingga setelah pengguna menginput alamat IP dan jumlah host yang dibutuhkan, aplikasi akan mengkalkulasi dan memberikan hasil berupa Subnet Mask yang harus digunakan, batasan alamat IP yang dapat dipakai (alamat IP awal dan alamat IP terakhir), serta alamat IP broadcastnya.

4.       SIG (Sistem Informasi Geografis), apa yang Anda harapkan dari mempelajari Mata Kuliah ini?

          Dalam mempelajari Sistem Informasi Geografis, penulis mengharapkan dapat menambah pengetahuan serta pengalaman dalam mengerti, mempelajari dan menerapkan bahasan-bahasan yang ada di dalamnya.

No comments:

Post a Comment