Tuesday, January 22, 2013

OSGi (tugas pengantar telematika)



OSGi

Mula-mula, saya awali terlebih dahulu dengan sedikit pengertiannya.

OSGi merupakan kependekan dari Open Services Gateway initiativedan merupakan sebuah modul system dan sercice platform untuk pemrograman java yang mengimplementasikan komponen model yang komplit dan dinamik.

Spesifikasi OSGi

OSGi sekarang digunakan dalam aplikasi mencakup telepon seluler sampai dengan Eclipse IDE (Open Source). Spesifikasi OSGi dikembangkan oleh para anggota dalam sebuah proses terbuka (open process) dan dibuat tersedia untuk umum tanpa biaya apapun (free of charge) dibawah lisensi spesifikasi OSGi (OSGi Specification Licence). OSGiAlliance memiliki program penyesuaian yang hanya terbuka untuk anggota saja. Pada November 2010, ada tujuh implementasi  framework OSGi. Sebuah halaman terpisah mencantumkan baik dari tersertifikasi maupun non-sertifikasi  implementasi spesifikasi OSGi, yang meliputi framework OSGi dan spesifikasi OSGi lainnya.


Arsitektur OSGi

     Setiap framework yang menerapkan standar OSGi, menyediakan suatu lingkungan untuk modularisasi aplikasi ke dalam kumpulan yang lebih kecil. Setiap kumpulan adalah berhubungan erat, koleksi class yang dapat dimuat secara dinamis, jars, dan file-file konfigurasi yang secara eksplisit menyatakan dependensi eksternal mereka (jika ada).

     Frameworknya dibagi secara konseptual dalam bidang-bidang berikut:


Bundles
    Bundles adalah komponen jar normal dengan header yang lebih jelas.
Services
    Layanan yang menghubungkan lapisan kumpulan (bundle / bundel) dalam cara yang dinamis dengan menawarkan model cetak-temukan-ikat untuk antar muka sederhana Java lama atau objek sederhana java lama.
Services Registry
    API untuk jasa manajemen (Service Registration, Service Tracker dan Service Reference).
Life-Cycle
    API untuk manajemen siklus hidup untuk (instal, start, stop, update, dan uninstall) bundel.
Modules
    Lapisan yang mendefinisikan enkapsulasi dan deklarasi dependensi (bagaimana sebuah kumpulan (bundle / bundle) dapat mengimpor dan mengekspor kode).
Security
    Layer yang menangani aspek keamanan dengan membatasi fungsionalitas kumpulan untuk kemampuan yang sebelumnya telah didefinisikan.
Execution Environment
    Mendefinisikan metode dan kelas apa yang tersedia dalam platform tertentu. Tidak ada daftar tetap eksekusi lingkungan, karena dapat berubah seiring Java Community Process menciptakan versi  dan edisi dari Java. Namun, set berikut saat ini didukung oleh sebagian besar OSGi implementasi:

      - CDC-1.0/Foundation-1.0
      - CDC-1.1/Foundation-1.1
      - OSGi/Minimum-1.0
      - OSGi/Minimum-1.1
      - JRE-1.1 JRE-1.1
      - From J2SE-1.2 up to J2SE-1.6

Struktur OSGi

Struktur OSGi digambarkan melalui model lapisan (layer) sebagai berikut:



 

Automotive Multimedia Interface Collaboration

Automotive Multimedia Interface Collaboration, atau biasa disingkat AMI-C, merupakan pengembangan dan standarisasi yang umum dari multimedia dan telematika otomotif kendaraan untuk antarmuka jaringan komunikasi.

Tujuan utamanya adalah untuk:

  • Menyediakan antarmuka standar untuk memungkinkan pengendara mobil menggunakan berbagai media, komputer dan perangkat komunikasi - dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular, melalui antarmuka system mesin, termasuk pengenalan suara dan sintesis, untuk menghadirkan system komunikasi jarak dekat ( DSRC) bagi kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input / output.
  • Meningkatkan pilihan dan mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan.
  • Memotong biaya keseluruhan informasi kendaraan dan peralatan hiburan dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu pengembangan - industri otomotif efektif terdiri dari banyak pasar yang kecil karena setiap platform kendaraan sering mengandung berbagai adat-mengembangkan komponen dan platform yang khas hanya sekitar 50.000 unit
  • Menawarkan standar terbuka dan spesifikasi untuk informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dan dunia luar.

 

Arsitektur Automotive Multimedia Interface Collaboration

AMI-C ditentukan unsur arsitektur platform terintegrasi

 

Komponen  Arsitektur Automotive Multimedia Interface Collaboration

Arsitektur AMIC memiliki empat komponen, yaitu :
  • In-Vehicle Jaringan
  • Jaringan perangkat
  • Kendaraan Antarmuka
  • Host (platform komputasi)

Fungsional Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) 

    Kolaborasi antarmuka otomotif multimedia adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk menciptakan standarisasi  dunia yang digunakan dalam mengatur bagaimana sebuah perangkat elektronik dapat bekerja. Contoh Komputer  dan alat komunikasi kendaraan atau computer dan radio dalam mobil. Satiap alat elektronik itu harus dapat bekerja dengan selaras sehingga kendaraan dapat lebih handal.
      Setiap perangkat elektronik yang dipasang belum tentu cocok dengan setiap kendaraan. Perangkat elektronik atau multimedia bisa saja mengganggu sistem keselamatan dan system-sistem lain di dalam kendaraan. Itulah kenapa perlu dibentuk standarisasi kolaborasi antarmuka multimedia.
      Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) sudah memiliki anggota : Fiat, Ford, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA Peugeot-Citroen, Renault. AMI-C mengembangkan dan men-standarisasi antarmuka multimedia dan telematika otomotif yang umum untuk jaringan komunikasi kendaraan. Dan 40 pemasok elektronik mendaftarkan diri untuk menulis standar. Mereka berpendapat untuk menulis standar diperlukan waktu selama 2 tahun. Tapi dua tahun adalah masa di telematika. Penyelenggara elektronik, ponsel, komputer dan peralatan video yang akan menggunakan koneksi dapat melewati beberapa generasi dalam waktu itu.
     Standar-standar akan memungkinkan sebuah pasar plug-and-play global untuk perangkat elektronik yang akan dipasang di kendaraan dengan kemudahan yang sama dengan melampirkan pheriperal komputer pribadi.

Struktural Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C)


     Automotive Multimedia Interface Collaboration (AMI-C) sudah memiliki anggota : Fiat, Ford, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA Peugeot-Citroen, Renault. AMI-C mengembangkan dan men-standarisasi antarmuka multimedia dan telematika otomotif yang umum untuk jaringan komunikasi kendaraan. Dan 40 pemasok elektronik mendaftarkan diri untuk menulis standar. Mereka berpendapat untuk menulis standar diperlukan waktu selama 2 tahun. Tapi dua tahun adalah masa di telematika. Penyelenggara elektronik, ponsel, komputer dan peralatan video yang akan menggunakan koneksi dapat melewati beberapa generasi dalam waktu itu.

     Standar-standar akan memungkinkan sebuah pasar plug-and-play global untuk perangkat elektronik yang akan dipasang di kendaraan dengan kemudahan yang sama dengan melampirkan pheriperal komputer pribadi.

Java Community Process (JCP)

Virtual Machine

Kesimpulan Komunitas Java (Java Community Process JCP) Virtual Machine
Program yang JCP komunitas pengguna telah membantu dalam memberikan umpan balik pada situs web. Banyak fitur baru dan perbaikan bug pada awalnya diusulkan atau diidentifikasi oleh pengguna. Berbagai bug telah diperbaiki dan navigasi juga telah diperbarui untuk mengatur informasi yang tersedia.
Virtual Machine (VM) adalah suatu environment, biasanya sebuah program atau sistem operasi, yang tidak ada secara fisik tetapi dijalankan dalan environment lain. VM biasa disebut “guest” sementara environmentnya disebut “host”.
VM ini muncul karena adanya keinginan untuk menjalankan banyak sistem operasi pada satau computer. Salah satu penerapan penting dari teknologi VM adalah integrasi lintas platform.
Beberapa penerapan lainnya yang penting adalah:
Konsolidasi server, jika beberapa server menjalankan aplikasi yang hanya memakan sedikit sumber daya, VM dapat digunakan untuk menggabungkan aplikasi-aplikasi tersebut sehingga berjalan pada satu server saja.
Otomasi dan Konsolidasi lingkungan pengembangan dan testing, setiap VM dapat berperan sebagai lingkungan yang berbeda.
Menjalankan perangkat lunak terdahulu, sistem operasi dan perangkat lunak terdahulu dapat dijalnkan pada sistem yang lebih baru.
Memudahkan recovery sistem, solusi virtualisasi dapat dipakai untuk rencana recovery sistem yang memerlukan portabilitas dan fleksibilitas antar platform.
Demonstrasi perangkat lunak, dengan VM sistem operasi yang bersih dan konfigurasinya dapat disediakan secara cepat.

APIs

Application programming interface (API) adalah antarmuka bahwa sebuah program perangkat lunak alat untuk memungkinkan perangkat lunak lain untuk berinteraksi dengan itu, banyak cara yang sama seperti perangkat lunak mungkin akan mengimplementasikan antarmuka pengguna untuk memungkinkan manusia untuk menggunakannya.

Ini mungkin termasuk spesifikasi untuk rutinitas, struktur data, kelas objek, dan protokol yang digunakan untuk berkomunikasi antara konsumen dan pelaksana API:


Fitur API adalah sebuah abstraksi. Perangkat lunak yang menyediakan fungsionalitas yang dijelaskan oleh API dikatakan sebuah implementasi dari API.
API dapat, ergantung pada bahasa, yaitu hanya tersedia dalam bahasa pemrograman tertentu, dengan menggunakan sintaks dan unsur-unsur bahasa itu untuk membuat API nyaman untuk digunakan dalam konteks ini.
Bahasa-independen, yaitu ditulis dengan cara yang berarti dapat dipanggil dari beberapa bahasa pemrograman.
Web API, ketika digunakan dalam konteks pengembangan web, biasanya sebuah API yang didefinisikan set Hypertext Transfer Protocol (HTTP).
Implementasi, POSIX standard mendefinisikan sebuah API yang memungkinkan berbagai fungsi komputasi umum harus ditulis sedemikian rupa sehingga mereka dapat beroperasi pada banyak sistem yang berbeda (Mac OS X dan berbagai Berkeley Software Distribusi (BSD) mengimplementasikan interface ini.
  

Sumber

http://en.wikipedia.org/wiki/OSGi
http://togar19.blogspot.com/2013/01/tugas-pengatar-telematika-2-dosen-kemal.html
http://www.jcp.org/en/home/index
http://en.wikipedia.org/wiki/Java_Community_Process


No comments:

Post a Comment