Tuesday, March 15, 2011

Resume 2

Kesimpulan presentasi oleh kelompok 2 dengan bahasan "Perilaku Konsumen".


Saya akan memberikan tanggapan berupa kesimpulan dari materi yang disajikan, yaitu sebagai berikut :

    Siapa sih konsumen itu? Untuk contoh yang paling mudah, salah satu konsumen adalah kita sendiri.  Apa yang dimaksud dengan konsumen? Menurut saya, konsumen adalah seseorang / sekelompok orang yang melakukan kegiatan pembelian barang / penggunaan jasa dengan membayar seharga produk yang dibeli / digunakan pada pasar yang menyediakannya.

    Banyak tipe konsumen, dan perilakunya didasarkan oleh motif, motivasi dan kebutuhan konsumen. Pertama, motif, yang dimaksudkan motif di sini adalah atas dasar apa konsumen membeli barang / menggunakan suatu jasa, apakah itu karena keinginan, kebutuhan, ataupun hanya sekedar ingin menghabiskan uang saja (bukan konsumen yang baik, jangan dipraktekkan ya… :D ). Kedua, motivasi, yaitu faktor yang mendorong konsumen untuk membeli barang / menggunakan jasa, bisa dari faktor lingkungan, teman sebaya, keluarga, ataupun karena barang yang ingin dibelinya itu sedang “in” pada zaman sekarang. Ketiga, kebutuhan konsumen, dapat dikatakan juga tingkat prioritas konsumen dalam membeli barang/ menggunakan jasa, apakah memang harus dipenuhi segera atau dapat ditunda, sehingga tidak menjadi sesuatu yang “mubazir”.

    Dari bahasan diatas, mungkin timbul suatu pertanyaan yang mungkin salah satunya adalah “apakah kita sudah menjadi konsumen yang baik?”.  :)

No comments:

Post a Comment